Kartun benny

Senin, 21 Mei 2012

Trend Properti Tahun Ini Terus Meningkat

Kondisi ekonomi Indonesia yang relatif stabil serta peran pemerintah yang memberikan kemudahan warga mempunyai rumah ataupun developer membangun rumah, membuat iklim property Indonesia menggeliat tahun 2012 ini.

"Tahun 2012 pasar property gairah optimis dan trend terus berkembang. Tapi seperti tidak secepat 2010-2011 lalu," ungkap CEO iProperty Grup Shaun Di Gregorio dalam siminar Trend Properti Terkini: Bangkitnya Kelas Menengah di Jakarta yang diadakan situs properti www.rumah123.com di Jakarta, Rabu (8/2/2012).

Kondisi ini memang tidak bisa dilepaskan dari peran pemerintah, perbankan yang memberikan kemudahan konsumen memperoleh kredit atau developer membangun.

"Pergerakan di kalangan menengah ke bawah, banyaknya pengembang premium sekarang ke bawah. Peran pemerintah dalam properti mendorong investor luar negeri beli properti di Indonesia," katanya.

Ia mencatat, sejak 2007 perkembangan properti di Indonesia, mengalami perkembangan yang luar biasa. Juga di kawasan Asia lainnya seperti Cina, Singapura dan Hongkong bahkan di ketiga negara itu.

Ia memprediksi trend yang akan naik adalah kelas menengah ke bawah. Ini disebabkan pemerintah memberikan berbagai kemudahan untuk pangsa pasar ini.

"Kami berharap pemerintah memegang peran untuk mengurangi spekulasi dalam pasar properti," ungkap perusahaan yang tahun lalu mengakuisisi situs www.rumah123.com ini.

Sementara itu, Sales Manager Rumah123.com, Meddy H Rapinka menyatakan, demand rumah makin besar seiring dengan naiknya permintaan harga rumah diprediksikan naik setiap tahunnya.

"Tahun ini harga properti akan naik antara 5 hingga 20 persen," ungkapnya.

Mengutip trend lokasi berdasarkan situs yang dikelolanya, tidak hanya Jabodetabek yang menjadi incaran. Kini luar kota, seperti makasar, Manado, Samarinda, Pekanbaru Palembang, Pontianak mulai naik daun.

"Kota-kota tersebut perkembangannya pesat dengan makin banyaknya agen property, dan properti yang dibangun," ungkapnya.

Bagaimana dengan kawasan Jabodetabek? Meddy mencatat, sepanjang triwulan 2011, daerah kelas menengah, seperti di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan menjadi daerah yang terpopuler untuk dicari berdasarkan jumlah pencarian atau listing di situs tersebut.

Di samping itu, yang mendominasi untuk pencarian properti adalah Bekasi, Depok dan kawasan Bumi Serpong Damai (BSD).

Untuk kelas atas, permintaan rumah di pusat atau dekat perkotaan yang nampak menonjol adalah di kawasan Pondok Indah, Kebun Jeruk dan Tebet masih menjadi incaran dan bisa dikatakan permintaannya meningkat pesat.
Penulis: Eko Sutriyanto  |  Editor: Dewi Agustina
Sumber : http://www.tribunnews.com/2012/02/08/trend-properti-tahun-ini-terus-meningkat

Tidak ada komentar: